Tuesday, July 23, 2024
Home Valorant Apa Itu Griefing di Valorant dan Cara Menghindarinya!

Apa Itu Griefing di Valorant dan Cara Menghindarinya!

JeteX – Griefing di Valorant menjadi perhatian khusus bagi para player saat ini. Bagaimana tidak, tindakan ini merugikan player lainnya dan dianggap kurang sportif. Aksi tersebut di sisi lain sebenarnya juga bisa membuat citra tim di mata tim lain buruk dan dianggap remeh. Lalu, apa itu griefing, sanksi, dan cara menghindarinya? Simak ulasannya berikut!

Apa Itu Grifeing Valorant

Griefing di Valorant adalah sebuah tindakan yang kurang menyenangkan antar pemain. Tujuannya adalah merusak pengalaman bermain orang lain dengan cara-cara yang tentu tidak terpuji dan menguntungkan diri sendiri. Orang yang melakukan griefing ini biasa dikenal dengan griefers. Beberapa ciri seseorang sedang melakukan griefing bisa dilihat dari hal-hal berikut ini:

  • Pertama, player dengan sengaja melakukan eliminasi rekan satu tim. Misalnya saja membunuh anggota tim dengan sengaja dalam map. Kemudian, memberi tahu lokasi tim kepada musuh.
  • Kedua, meninggalkan pertandingan dalam posisi ranked dengan sengaja.
  • Ketiga, kekerasan verbal dan ini biasanya dilakukan dengan melontarkan kata-kata kasar atau tidak pantas, tujuannya adalah untuk menyinggung.

Walaupun aksi-aksi tersebut kerap diprotes oleh para player, namun jawaban yang diberikan oleh tim Valorant belum dirasa memuaskan. Maka dari itu, pihak developer juga terus mengembangkan sanksi yang diberikan.

Baca juga: Mengenal Night Market Valorant dan Jadwalnya! 

Apakah Ada Sanksinya?

Lantas, apakah ada sanksinya bagi pemain yang ketahuan melakukan griefing di Valorant ini? pihak Riot Games memang secara tegas memberikan tindakan kepada para pemain yang terbukti melakukan hal-hal negatif. Baik itu mengeliminasi teman, mode AFK, hingga mengeluarkan kata-kata kasar kepada pemain lawa. Apalagi saat turnamen yang jelas-jelas hal itu mengganggu sportivitas antar pemain.

Hukuman atau sanksi yang diberikan pun bermacam-macam. Hal itu tergantung pada berat atau tidaknya penilaian pelanggaran yang dilakukan. Biasanya, terdapat beberapa tahapan dan bentuk yang diberikan. Mulai dari yang terendah adalah warning atau peringatan, penalty satu kali pertandingan, penurunan ranking, bahkan yang paling berat adalah banned akun.

Untuk lama waktu banned ini juga beragam. Baik itu dalam hitungan menit hingga jam, hari, minggu, bahkan yang terberat adalah banned akun secara permanen. Jika ini sudah dijatuhkan, maka para pemain tentu tidak memiliki kesempatan untuk bermain kembali. Hal yang paling buruk lainnya adalah, kemungkinan kamu dan tim bisa jadi perbincangan sesama tim lainnya karena image yang buruk.

Baca juga: Kisah Omen Valorant, Sosok Misterius dengan Banyak Nama 

Cara Menghindari Griefing di Valorant

02. valorant

Griefing di Valorant sebenarnya bisa kamu hindari agar permainan lebih sportif. Ini bisa kamu terapkan tak hanya di turnamen saja, tetapi saat bermain untuk mengisi waktu. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Bermain dengan teman atau player yang bisa kamu percaya. Hal ini akan membuat kontrol menjadi lebih baik dan menghindari griefer yang menyebalkan.
  • Segera laporkan apabila terdapat seseorang yang melakukan griefing ke Riot Games. Caranya adalah dengan meenekan ‘Report Player’ pada akhir pertandingan.
  • Tetaplah bertindak positif dan lebih fokus terhadap permainan yang kamu jalankan. Selain itu, hiraukan player yang melakukan griefing sampai mereka bosan dan berhenti melakukan tindakan tersebut.
  • Record game sebagai bukti untuk melaporkannya ke pihak Valorant apabila tindakan tersebut dianggap berlebihan dan merugikanmu.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online pada Remaja  

Penutup

Nah, itu dia Champ ulasan mengenai apa itu griefing di Valorant dan cara menghindarinya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu untuk selalu menjaga sportivitas saat bermain game ini. Terutama saat mengikuti turnamen yang diselenggarakan. Selain karena bisa merugikan orang lain, secara tak langsung sebenarnya juga akan merugikanmu dalam jangka panjang nantinya.

Jadi, tetaplah bermain di jalur yang wajar saja, ya! Jangan lupa, agar permainan semakin lancar dan bisa merasakan seperti sang juara, kamu bisa gunakan berbagai aksesoris dan perangkat gaming dari JeteX saat main Valorant. Mulai dari headset gaming, mouse gaming, hingga keyboard gaming. Selamat mencoba!

Most Recent

Build dan Item Hero Consort Yu Honor of Kings: Penembak Jitu

JeteX –  Hero Consort Yu adalah salah satu hero di game Honor of Kings yang memiliki potensi besar dalam permainan. Memahami build dan item...

Anime Demon Lord 2099 Ungkap 3 Seiyuu Baru!

JeteX - Anime TV baru berjudul Demon Lord 2099 yang diadaptasi dari seri novel ringan cyberpunk isekai telah mengungkapkan tiga anggota pemeran baru untuk seri...

Cara Download 100+ PP ML Keren: Bikin Akunmu Makin Berkelas

JeteX -  Profile Picture Mobile Legends atau PP ML keren merupakan foto atau gambar yang bisa digunakan para pemain untuk identitas mereka. Selain untuk...

Strategi dan Build Item Terbaik Hero Lady Sun di Honor of Kings

JeteX – Di dunia yang dinamis Honor of Kings, Lady Sun menonjol sebagai hero yang tangguh, dikenal karena kemampuan serbagunanya dan kecerdasannya dalam strategi....

Ini Cara Mudah Ganti Nama atau Riot ID di Valorant!

JeteX - Sama seperti game lainnya, mengganti nama atau nickname bisa jadi pilihan terbaik terutama bila kamu tidak puas dengan nama yang kamu gunakan...