Friday, March 29, 2024
Home Sport 5 Strategi Memulai Karir sebagai Pemain Esport, Berani Coba?

5 Strategi Memulai Karir sebagai Pemain Esport, Berani Coba?

JeteX – Sebagian masyarakat mungkin masih awam dengan istilah pemain esport. Mereka adalah orang yang bermain game secara profesional dan disebut sebagai atlet esport. Anggapan bahwa game hanya untuk bersenang-senang ternyata tidak sepenuhnya benar. Saat ini seseorang bisa memulai karirnya sebagai atlet dengan bermain game, meski untuk meraih kesuksesan besar terbilang tidak mudah. Sebab, menjadi pemain esport membutuhkan perjuangan, kesabaran, dan ketekunan dalam berlatih.

Tentang Pemain Esport 

pemain esport

Keberhasilan atlet di bidang esport menyadarkan kita bahwa hobi dapat membawa keuntungan apabila ditekuni secara tepat. Salah satu yang sering disorot adalah nominal hadiah yang lumayan besar bagi para pemenang. Meski demikian, para pemain esport melalui berbagai proses untuk mencapai keberhasilan. Bukan hanya pandai bermain game saja, melainkan kecerdasan dalam merancang strategi, tekun berlatih, dan mampu bekerjasama. 

Sebelum berhasil menjadi atlet esport, sebagian besar memulai karirnya karena hobi bermain game. Intensitas bermain game mendorong kemampuan yang meningkat dan mempertemukan mereka dengan tim yang kompak. Apakah setiap orang berpotensi menjadi pemain esport? Tentu saja! Champ bisa memulai karir menjadi atlet esport dengan beberapa strategi berikut.

Baca juga: Yuk, Cobain 5+ Rekomendasi Kursi Gaming 1 Jutaan Ini!

Tips Memulai Karir Pemain Esport

pemain esport

Apakah Champ hobi bermain game dan berminat menjadi atlet esport? Jangan patah semangat, karir tersebut bisa dimulai dari sekarang. Apa saja strategi yang bisa diterapkan? Berikut penjelasannya.

1. Fokus dengan 1 Game Saja

Memang betul di dunia esport terdapat banyak sekali pilihan game yang bisa kamu coba. Namun, untuk memulai karir sebagai pemain esport, ada baiknya untuk fokus bermain satu jenis game saja. Bukan berarti Champ tidak dianjurkan untuk bermain game lainnya, melainkan sebagai upaya untuk  menekuni game yang dipilih. Contoh game yang sering diadakan kompetisinya, di antaranya adalah: League of Legends, Mobile Legends, dan DOTA 2.

Selain itu, ada juga game dengan tema FPS (first person shooter), RTS (real-time strategy), dan fighting games seperti  Tekken dan Mortal Kombat. Dari sekian banyak jenis game yang ditawarkan, manakah yang paling cocok bagi Champ? Berawal dari kesukaan dan hobi, ada kemungkinan besar untuk sukses di bidang tersebut.

2. Punya Strategi dan Rajin Berlatih

Perlu dipahami bahwa kesuksesan menjadi pemain esport tidak lepas dari kemampuan merancang strategi dan rajin berlatih. Bahkan, seseorang yang berlatih game online membutuhkan waktu yang cukup lama per hari. Itulah sebabnya sebagian gamer membutuhkan kursi gaming untuk menunjang kinerja. Kursi gaming dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendorong kenyamanan duduk berjam-jam. 

3. Gabung Komunitas dan Grup Pemain Esport

Rajin berlatih saja tidak cukup apabila tidak bergabung dengan grup atau komunitas. Bermain game lebih seru jika kamu melibatkan diri bergabung dengan komunitas untuk berbagi pengalaman, tips dan trik, serta update informasi di dunia gaming. Sejalannya waktu, dengan meluasnya relasi antar komunitas game, kamu dapat menemukan tim bermain game yang cocok dan sesuai. 

4. Perangkat yang Mumpuni

atlet esport

Berlatih dan gabung komunitas memang penting untuk memulai karir di bidang esport. Namun, bermain game jauh lebih seru apabila perangkat game yang digunakan mumpuni dan memadai. Contoh perangkat game yang sering dicari, di antaranya adalah: kursi gaming, mouse dan keyboard gaming, headphone, dan speaker. Pengalaman bermain game semakin seru jika perangkat yang digunakan memiliki fitur andalan. 

5. Mengikuti Turnamen dan Kompetisi

Tips di atas dapat berjalan optimal apabila bersamaan dengan mengikuti turnamen dan kompetisi. Perlombaan di bidang game mendorong Champ untuk berlatih bermain game secara profesional sekaligus mengasah mental. Sama seperti pertandingan pada umumnya, esport merupakan kompetisi yang melelahkan, menimbulkan rasa gugup dan perasaan tertekan karena disaksikan orang banyak. Itu artinya, tujuan utama mengikuti turnamen bukan terletak pada hadiah dan kemenangan saja, melainkan cara untuk mengoptimalkan kemampuan dan asah mental.

Baca juga: JETE-X Gelar Turnamen PUBG ‘Battle of Champion 2021’ – Catat Jadwalnya!

Informasi Turnamen PUBG di Surabaya

turnamen pubg (2), atlet esport

Bagi Champ yang hobi bermain game PUBG dan berdomisili di Surabaya, yuk, ikuti kompetisi turnamen PUBG yang akan diadakan pada 20 November 2021 di Amplitheatre Hall, Pakuwon City, lantai 2, Surabaya. Kompetisi ini diadakan secara offline dan hanya menerima 20 tim saja. Untuk informasi, syarat, dan ketentuan pendaftaran dapat mengunjungiwebsite resmi JeteX. 

Selain itu, lengkapi juga perangkat gaming favorit kamu, seperti: headset gaming, charger, powerbank, dan keyboard gaming. Kamu bisa mendapatkannya di marketplace maupun gerai di mitra JETE Indonesia dan Doran Gadget.  Selamat mencoba!

Most Recent

Re:ZERO Season 3 Ungkap Trailer Baru dan Tanggal Rilis!

JeteX - Penggemar Re:ZERO sekarang bisa tersenyum lebar lagi karena anime Re:ZERO Season 3 akan segera meluncur di tahun ini! Pengumuman tentang Re:ZERO -Starting...

Inilah 300+ Nama FF Keren Unik Pendek, Pilih Nama Favoritmu!

JeteX – Dalam dunia game, memiliki nama yang keren dan unik bisa menjadi identitas yang membedakan dengan players lain. Saat memilih nama untuk karakter...

100 Game Offline Terbaik untuk Android, Gak Jadi Bosan!

JeteX - Di era sekarang, game telah menjadi hal yang populer, terutama game online. Namun ada juga 100 game offline terbaik yang tidak kalah...

Bocoran Tanggal Rilis Genshin Impact 4.6 dan Daftar Primogemnya! 

JeteX - Update 4.6 Genshin Impact direncanakan akan dirilis pada akhir April dengan banyak konten baru yang sangat dinantikan oleh para pemain. Pembaruan ini...

7 Anime Sadboy yang Menyentuh Hati, Siap-Siap Nangis!

JeteX – Sadboy merupakan karakter cowok melankolis yang sering dijumpai pada anime. Alasan dijuluki sadboy karena kerap mengalami kemalangan, mudah sedih, atau sosok yang...